Obat Sakit Gigi dari Aneka Bahan Alami yang Telah Terbukti Mujarrab

Obat Sakit Gigi dari Aneka Bahan Alami yang Telah Terbukti Mujarrab - Mungkin bagi anda yang sekarang menderita sakit gigi, sedang mengalami masa masa buruk dalam kehidupan anda. Seperti yang kita ketahui, tidak mudah untuk menahan rasa sakit yang ditimbulkan dari sakit gigi. Bahkan seorang pria pun bisa sampai menangis ketika menderita sakit gigi. Umumnya penderita sakit gigi akan mengalami rasa sakit berdenyut pada area gigi yang sakit, namun rasa sakit tersebut bisa menjalar ke rahang, telinga, mata, bahkan sampai ke kepala.

Penderita sakit gigi akan sulit sekali untuk konsentrasi, Susah makan, susah tidur, yang ada di pikiran hanya rasa sakit yang tidak tertahankan. sungguh tidak enak bukan? Aktivitas pun menjadi terhambat, karena biasanya penderita sakit gigi hanya bisa terbaring di tempat tidur dengan tangan memegangi pipi. Baiklah, jika anda sudah sampai pada kondisi yang telah disebutkan, maka sudah saatnya anda harus meracik obat sakit gigi paling ampuh. Obat sakit gigi yang paling ampuh bisa diracik dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan disekitar kita. Obat sakit gigi herbal lebih aman untuk dikonsumsi, mengapa demikian? Karena obat sakit gigi medis yang mengandung bahan kimia obat tentu memiliki resiko jangka panjang. Maka dari itu alangkah baiknya kali ini kita kembali ke alam.

Obat Sakit Gigi dari Aneka Bahan Alami yang Telah Terbukti Mujarrab

Penyebab Sakit Gigi

Rasa sakit gigi itu bervariasi, tergantung pada sebabnya. Sebelum lebih lanjut mengenai obat sakit gigi dari bahan alami ini, kali ini kita akan membahas penyebabnya secara singkat. Secara garis besar, pembahasan kita sebelumnya mengenai penyebab sakit gigi antara lain adalah:
  • Kerusakan Gigi (Patah atau Retak)
  • Gigi Berlubang
  • Penyakit Gusi
  • Kondisi Gigi yang Tidak Normal
  • Ketidakseimbangan Hormon
  • Mengkonsumsi Makanan yang Tidak Baik untuk Gigi
Setelah mengetahui penyebab-penyebab sakit gigi, langkah selanjutnya adalah menjemput kesembuhan dengan obat sakit gigi dari bahan tradisional. Jika anda ingin mencapai kesembuhan, maka ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. Beberapa langkah yang harus anda lakukan antara lain:
  • Membersihkan hati dengan bertaubat dari dosa-dosa. Karena dosa-dosa telah mengotori hati kita, jika hati kita baik, maka seluruh tubuh akan baik pula.
  • Berdoa memohon kesembuhan kepada Allah Azza Wajalla karena tiada kesembuhan tanpa pertolongan dariNya.
  • Berusaha mencari obat sakit gigi.

Obat Sakit Gigi dari Aneka Bahan Alami

Obat Sakit Gigi dari Aneka Bahan Alami yang Telah Terbukti Mujarrab

Obat sakit gigi paling ampuh bisa anda dapatkan dari alam. Obat sakit gigi yang berasal dari alam disebut juga dengan obat sakit gigi herbal. Kali ini, omahobatherbal.blogspot.com telah menghimpun obat sakit gigi herbal dari berbagai sumber. Simak berikut ini:

1. Garam
Garam berguna untuk membantu mengobati peradangan dan infeksi. Infeksi pada daerah gigi dan gusi biasanya terjadi karena sariawan atau sakit gigi yang terjadi dalam waktu yang lama. Untuk menghentikan infeksi maka juga bisa disembuhkan dengan air garam. Alasan utama bisa menjadi obat sakit gigi, karena Air garam yang digunakan untuk berkumur bisa membantu menghentikan pendarahan dan menghilangkan bakteri pada daerah gusi dan gigi yang mengalami infeksi. Bahkan kondisi gusi bisa berubah menjadi lebih normal. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu menghilangkan bau nafas yang kurang sedap.

2. Madu
Sakit gigi yang disertai dengan rasa sakit berdenyut yang tak tertahankan, umumnya disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah mencapai lapisan bagian dalam yaitu pulpa. Dalam kondisi ini, saraf sudah mulai terganggu sehingga menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Obat sakit gigi selanjutnya yaitu Madu. Seperti yang kita ketahui, madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai obat sakit gigi herbal. Cara mengatasi sakit gigi dengan menggunakan madu sangat cocok untuk sakit gigi karena gigi berlubang karena madu mengandung antibakteri.

3. Minyak Kelapa Murni
Minyak kelapa memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan gigi. Selain untuk memperkuat gigi, minyak kelapa juga sangat baik untuk membantu melawan nyeri dan infeksi ketika menderita sakit gigi. Dilansir dari laman healingteethnaturally.com, minyak kelapa mengandung antimikroba yang disebut asam laurat. Ketika enzimatik diubah menjadi monogliserida Monolaurin, akan menjadi antikuman yang kuat untuk membunuh virus, bakteri dan protozoa. Minyak kelapa sebagai obat sakit gigi memberikan manfaat untuk gigi kuat dan bersih, memperkuat gigi dan membantu untuk menyembuhkan dan mencegah gigi berlubang. Minyak kelapa sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi.

4. Minyak Samin
Dilansir dari laman naturalnews.com, salin digunakan untuk sakit kepala dan pilek, minyak samin dapat digunakan sebagai obat sakit gigi herbal  untuk membantu mengobati sakit gigi dan infeksi.

5. Minyak Lavender
Minyak lavender dapat menenangkan saraf serta memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat mengobati sakit gigi. Bahkan, beberapa aromatherapists menggunakan minyak ini untuk mengurangi kecemasan.

Cara Menggunakan Minyak Lavender sehingga menjadi obat sakit gigi:

  • Kalian dapat langsung menerapkan beberapa tetes minyak Lavender pada gigi dan gosok dengan ujung jari atau dengan kapas.
6. Minyak Mint
Healingteethnaturally.com menyatakan, minyak mint memiliki peran yang sama dengan bius dalam obat medis. Artinya, sebagai obat sakit gigi, minyak mint dapat dengan mudah meredakan rasa sakitnya.

7. Minyak Cengkeh
Salah satu obat sakit gigi yang paling ampuh adalah minyak cengkeh. Minyak cengkeh mengandung anti-inflamasi, anti bakteri dan antioksidan, sehingga bisa digunakan untuk membantu mengobati infeksi gigi atau abses gigi. Minyak cengkeh bekerja dengan cara mematikan rasa pada saraf yang sakit untuk sementara waktu. Mengapa demikian? Hal tersebut terjadi karena cengkeh mengandung zat yang disebut eugenol yang merupakan anestesi kuat dan juga memiliki sifat antiseptik.

8. Minyak Zaitun
Seperti halnya minyak cengkeh, minyak zaitun sebagai obat sakit gigi bekerja dengan cara meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh sistem saraf.

9. Bubuk Cengkeh dan Ekstrak Vanili
Kedua obat herbal ini memiliki sifat yang sama yaitu meredakan rasa sakit. Berkat kandungan eugenolnya, bubuk cengkeh sangat efektiv sebagai obat sakit gigi paling ampuh. Ketika dicampur dengan ekstrak vanili, potensi dan efektivitas keduanya meningkat secara substansial.

10. Ekstrak Almond
Almond memiliki kandungan kalsium dan nutrisi tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan gigi. Pilihan yang tepat saat Anda mencari obat sakit gigi yang lumayan ampuh, jangan tunggu nanti ya!

11. Peppermint Oil
Obat herbal lainnya yang memiliki fungsi sebagai anti bakteri adalah peppermint oil. Oleh karena itu sangat baik untuk membantu mengobati sakti gigi berlubang yang disebabkan oleh pembusukan bakteri. Namun anda harus hati-hati dalam penggunaan peppermint oil, jauhkan dari jangkauan anak-anak karena aromanya yang menyengat.

12. Merica
Pencari obat sakit gigi yang mudah selanjutnya bisa mengguanakan merica. Penggunaan merica dapat mencegah gigi berlubang, mulut bau busuk, radang gusi, gusi menyakitkan, dan sakit gigi.

13. Teh Celup
Teh celup juga bisa menjadi obat sakit gigi lho. Mengapa demikian? Karena teh celup mengandung zat tanin yang dapat mengurangi pembengkakan pada gusi.

14. Teh Melati
Fluoride, secara alami ditemukan teh melati. Zat ini berfungsi untuk memperkuat tulang dan mencegah kerusakan gigi. Tapi, tidak ada salahnya bahan alami ini dijadikan salahsatu opsi obat sakit gigi Anda.

15. Daun Peppermint Kering
Aroma kuat aromatik herbal peppermint merupakan salah satu solusi tertua untuk obat sakit gigi berlubang, seperti cengkeh. Peppermint adalah anti-bakteri, anti-virus dan memiliki sifat anestesi ringan juga. Anda dapat menggunakan teh peppermint atau minyak peppermint untuk dapat menghilangkan rasa sakit gigi.

16. Daun Jambu Biji
Kerna memiliki sifat analgesik, daun jambu biji dapat digunakan dalam mengurangi sakit gigi. Natural-homeremedies.com melansir dalam lamannya, daun jambu biji sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit. Daun jambu biji muda juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi alami, berkat anti-inflamasi, analgesik dan sifat antimikrobaSerta memiliki bioflavinoid, quercetin, yang memiliki sifat anti-kejang.Tingginya kandungan quercetin di daun jambu biji berguna untuk mengobati nyeri. Daun jambu biji memiliki banyak sifat yang mencakup desinfektan kualitas astringent, antibakteri, mengatasi rasa sakit serta dalam hal ini daun jambu biji juga dapat menyembuhkan gusi berdarah dan bau mulut.

17. Daun Jambu Mete
Dalam pengobatan herbal afrika, daun jambu mete digunakan untuk membantu mengobati masalah sakit gigi dan gusi. Sementara di Brazil dan Nigeria, bagian dari jambu mete yang dimanfaatkan adalah kulitnya. Dengan membuat rebusan air kulit jambu mete, hal ini bisa membantu mengobati sakit gigi dan inflamasi pada gusi. Daun dari jambu mete ini juga sangat berguna untuk mengobati sakit gigi, tenggorokan, serta sebagai obat penurun panas.

18. Daun Anggur Hitam
Anggur hitam sangat kaya akan phytonutrisi, anti-oksidan dan juga tanin sehingga sangat baik untuk mengobati inflamasi atau peradangan. Selain itu, kandungan vitamin c yang tinggi dalam anggur hitam sangat baik untuk gusi. Kalsium juga akan membantu untuk memperkuat tulang dan gigi. Obat herbal ini sangat bermanfaat untuk menjadi obat sakit gigi.

19. Daun Pisang Raja
Obat sakit gigi selanjutnya adalah daun pisang raja. Daun pisang raja juga sangat efeketif dalam menangani masalah sakit gigi. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat berguna untuk mengatasi permasalahan pada gusi.

20. Daun Mangga, Kulit Pohon Pepaya, Getah Pohon Beringin
Ketiga obat herbal ini bisa digunakan sebagai obat sakit gigi dengan cara di oles.

21. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu obat sakit gigi herbal yang paling populer. Kandungan senyawa yang disebut allicin memiliki sifat antibiotik yang kuat. Obat herbal ini dapat membantu menghambat aktivitas bakteri. Selain itu, keuntungan lainnya adalah bawang putih merupakan bumbu masak sehari-hari sehingga sangat mudah didapatkan.

22. Bawang Bombay
Seperti yang telah dilansir dari laman natural-homeremedies.com, penelitian telah membuktikan bahwa bawang bombay memiliki sifat bakterisida. Dengan mengkonsumsi bawang bombay setiap harinya dapat membantu untuk melindungi gigi dari berbagai masalah penyakit gigi. Bawang bombay akan membantu membunuh kuman-kuman yang ada di mulut.

23. Cabai Rawit, Cabai Merah
Dalam bukunya "The Healing Benefits of Cayenne," John Heinerman merekomendasikan cabari rawit atau cabai merah untuk mengobati sakit gigi.

24. Jahe
Yang biasa digunakan dari tanaman jahe adalah bagian akar yang berwarna cokelat. Jahe memiliki aroma yang khas menyegarkan. Dilansir dari laman livestrong.com, menurut California State University, jahe bisa digunakan untuk membantu menenangkan sakit kepala, mengobati kurap, sakit perut, keseleo dan memar, dan yang terpenting adalah membantu menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Sifat antibakteri yang terdapat dalam jahe dapat menyembuhkan infeksi ringan, luka, kemerahan dan pembengkakan yang terjadi akibat sakit gigi. Obat herbal jahe ini sangat mudah di dapakan, silahkan kunjungi pasar-pasar tradisional atau supermarket maka anda akan menjumpai jahe yang anda cari.

25. Kunyit
Sifat antibakteri dan antiseptik yang terdapat dalam kunyit membuat obat herbal ini kerap digunakan banyak orang sebagai obat sakit gigi herbal yang ampuh.

26. Kemangi
Siapa yang tak kenal dengan kemangi, kemangi biasa dijumpai di warung-warung makan pecel lele. Kemangi biasa digunakan sebagai lalap. Kemangi memiliki bau harum yang khas sehingga bisa membantu untuk mengatasi bau mulut. Tidak hanya itu, kemangi juga bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit gigi.

27. Kayu Manis
Kayu manis yang biasa kita jumpai dalam makanan soto ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan kita. Kayu manis selain digunakan untuk menambah cita rasa soto, juga bisa membantu meringankan sakit gigi berkat kandungannya yang bernama eugenol.

28. Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis bisa membantu mencegah sakit gigi bahkan gusi. Selain pencegahan juga sangat efektif untuk pengobatan gigi sakit dan gusi bengkak bahkan sampai pendarahan.

29. Rumput Gandum
Rumput gandum kurang lebih memiliki penampilan seperti padi. Namun rumput gandum lebih lembut. Rumput gandum sebagai obat herbal sakit gigi yang sangat ampuh merupakan hasil dari sifat antibiotiknya yang dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi bakteri pada gusi dan gigi.

30. Kubis
Tahukah anda bahwa kubis ini memiliki sifat anti-detox atau anti racun yang baik? Siapa sangka kubis bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Kubis bisa membantu mengobati nyeri yang disebabkan sakit gigi.

31. Mentimun dan Kentang
Mentimun dan kentang dingin bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit, namun tidak cocok bagi orang yang menderita gigi sensitiv.

32. Arang Aktif
Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana bisa arang dijadikan sebagai obat sakit gigi. Ya, arang aktif memiliki sifat penghilang rasa sakit dan memiliki sifat analgesik yang sangat baik. Yang harus anda lakukan hanyalah membuat pasta dari arang aktif tersebut.

33. Es Batu
Es batu bisa dijadikan sebagai alternatif obat bius, sifat anestesi berfungsi untuk menonaktifkan saraf sementara sehingga membantu untuk meringankan sakit gigi anda.

Praktek Cara Mengobati Sakit Gigi

Setelah kita mengetahui apa saja obat sakit gigi herbal yang ada disekitar kita, maka kita perlu mengetahui cara mengatasi sakit gigi dengan cara meracik herbal di atas sehingga menjadi obat sakit gigi herbal yang ampuh dan mujarab. Berikut ini silahkan disimak beberapa kombinasi yang bisa anda lakukan.

Kombinasi Sebagai Obat Kumur Sakit Gigi

  • Garam
Cara mengatasi sakit gigi dengan garam - larutkan 2-3 sendok teh garam dalam segelas air hangat . Berkumurlah dengan larutan tersebut.
  • Kunyit
Siapkan beberapa siung kunyit kemudian rebus dengan air secukupnya. Ramuan ini selain sebagai obat kumur juga bisa untuk diminum.
  • Daun Jambu Biji
Siapkan ramuan dengan merebus daun jambu biji dalam air selama sekitar 15 sampai 20 menit. Bilas mulut dengan air ini selama sekitar satu menit atau lebih. Terapi ini akan memberikan bantuan jangka panjang pada gigi sakit.
  • Jeruk Nipis
Buatlah air jeruk nipis hangat sebagai obat kumur sakit gigi.

Ramuan Obat Herbal Sakit Gigi sebagai Pasta

1. Bawang Putih dan Garam
Haluskan beberapa siung bawang putih, oleskan ke bagian gigi yang sakit atau berlubang. Cara ini akan membuat gigi atau gusi anda terasa terbakar beberapa menit, namun rasa itu akan hilang. Bawang putih juga bisa diramu dengan garam. Anda hanya perlu menghaluskan bawang putih bersama garam, dan oleskan seperti cara sebelumnya.

2. Minyak Cengkeh
Siapkan 1-3 tetes minyak cengkeh kedalam 1/4 gelas air mineral. Oleskan ke daerah gigi yang sakit dengan menggunakan kapas atau cotton buds.

3. Madu dan Kayu Manis
Madu bisa dikombinasikan dengan bubuk kayu manis. Kombinasi ini sangat baik untuk Obat sakit gigi berlubang, karena Madu mengandung antibakteri, sedangkan bubuk kayu manis bisa membantu meredakan nyeri. Selain itu, madu dan kayu manis sangat mudah didapatkan di pasar. Caranya, buatlah pasta dari kombinasi satu sendok teh bubuk kayu manis dengan 5 sendok teh madu. Gunakan pasta tersebut untuk dioleskan di rongga gigi yang sakit. Simpan pasta di tempat yang tertutup. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari, hingga rasa sakit sembuh total. Biasanya pasta ini bekerja dalam 15-20 menit dan lebih efektif jika pasta masih dalam keadaan hangat.

4. Arang Aktif
Buatlah pasta dari campurang arang aktif dan air secukupnya, kemudian oleskan pada gigi yang sakit atau berlubang.

5. Peppermint Oil
Minyak merica bisa digunakan secara langsung pada gigi yang sakit, teteskan atau oleskan 3 tetes minyak merica pada bagian gigi yang sakit.

6. Air, Bubuk Merica, dan Ekstrak Vanili
Campurkan bubuk merica dan ekstrak vanili dengan perbandingan 1:1. Campurkan sedikit air, setelah jadi pasta oleskan pada bagian gigi yang sakit.

7. Merica dan garam
Haluskan merica bersama garam, tambahkan sedikit air dan aduk sampai menjadi pasta. Oleskan pada gigi yang sakit.

8. Cabai Rawit
Buatlah pasta dari cabai rawitn dan air secukupnya kemudian oleskan pada gigi yang sakit atau berlubang. Ini akan terasa pedas namun membantu.

9. Daun Pisang Raja, Daun Kemangi, Kubis, dan Daun Hijau Lainnya
Obat herbal diatas bisa digunakan dengan cara dikunyah, jika kesulitan dalam mengunyah bisa dengan cara dihaluskan terlebih dahulu kemudian jadikan sebagai obat oles sakit gigi.

Ramuan Bubuk Obat Herbal Sakit Gigi

  • Daun Peppermint Kering
Manfaatkan daun peppermint kering dengan cara dihaluskan kemudian taburkan pada gigi yang berlubang.
  • Kentang dan Garam, Merica dan Garam
Cincang kentang dan campurkan dengan garam, taburkan pada gigi yang sakit. Begitu juga dengan merica dan garam.

Obat Sakit Gigi Herbal Kompres

1. Minyak Cengkeh
Rendam kapas dalam minyak cengkeh selama beberama menit, kemudian gunakan kapas tersebut untuk mengompress gigi yang sakit.

2. Es Batu
Sebaiknya jangan gunakan es batu secara langsung pada gigi, namun gunakanlah kain untuk membungkus beberapa percahan es batu kemudian kompres pada gigi yang sakit.

3. Teh celup
Kompres gigi yang sakit dengan menggunakan teh celup dalam kondisi hangat. Ini akan membantu meringankan rasa sakit yang diderita.
Baca juga: Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu

Obat Sakit Gigi Untuk Dikonsumsi

  • Bawang Bombay, Mentimun
Kunyah bawang bombay mentah selama beberapa menit. Bisa juga dengan menaruh sepotong kecil bawang bombay atau mentimun pada gigi yang berlubang.
  • Rumput Gandum
Buatlah jus dari rumput gandum, ini akan bermanfaat bagi anda yang mengalami sakit gigi.
  • Jeruk Nipis, Jahe dan Madu
Minumlah air jeruk nipis hangat secara rutin untuk membantu meringankan rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi yang berlubang. Jahe bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah, cara lainnya adalah dengan membuat wedang jahe dicampur dengan madu. Saya rasa cukup sampai disini dulu pembahasan kita mengenai obat sakit gigi herbal yang ampuh dan mujarab. Jika ada pertanyaan silahkan kirim melalui komentar. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share kepada teman-teman ya.

0 comments:

Post a Comment

# # # # # #