Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu dengan Bahan Alami & Kimia dan Cara Merawat atau Mencegahnya

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu dengan Bahan Alami & Kimia dan Cara Merawat atau Mencegahnya - Sakit gigi memang bukan suatu hal yang aneh. Gangguan kesehatan ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari kalangan remaja, anak-anak, maupun orang dewasa. Dapat dikatakan bahwa hampir semua orang pernah mengalami masalah ini. Menggunakan obat sakit gigi saat ini lebih populer karena dinilai lebih aman, meskipun banyak obat sakit gigi beredar di pasaran. Sakit gigi adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya rasa nyeri di gigi yang terkadang terasa cenut-cenut dan sakitnya tak tertahankan.

Tahukah Anda, sakit gigi itu bisa terjadi ketika bagian tengah gigi yang sensitif, disebut pulpa, menjadi meradang. Peradangan pada pulpa ini dapat terjadi karena berbagai alasan, antara lain: gigi berlubang, benturan pada gigi, atau infeksi pada gusi. Karena jaringan pulpa diantaranya terdiri dari serabut saraf dan pembuluh darah yang berada dalam ruangan berdinding keras dan rapat (dentin gigi), maka peradangan pada pulpa akan sangat menyakitkan (nyut-nyut!!) karena tekanan tinggi dalam ruang pulpa. Oleh karena itu butuh obat sakit gigi yang ampuh untuk meredakan nyeri dan peradangan yang terjadi.


Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu dengan Bahan Alami & Kimia dan Cara Merawat atau Mencegahnya



Mereka yang menderita sakit gigi biasanya mengalami gejala seperti nyeri di sekitar gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala, bahkan demam. Tingkat keparahan nyeri bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga hebat. Dan menurut pola kemunculannya, nyeri bisa timbul dan hilang secara berulang-ulang atau terasa terus-menerus (konstan). Seringkali penderita sakit gigi merasakan nyeri atau ngilu yang memburuk pada malam hari atau ketika mereka makan dan minum, terutama yang terlalu dingin atau panas. Maka dengan artikel ini kita harus mempersiapkan obat sakit gigi terbaik untuk menghadapinya kapanpun.

Ada banyak sekali jenis obat untuk mengatasi sakit gigi yang terasa tak tertahankan sakitnya, selain dari bahan herbal alami atau yang sering kita sebut dengan obat tradisional, ada juga yang bentuknya sudah dalam kemasan.

Obat sakit gigi ini ada yang murni dari bahan alami dan ada juga yang bahan kimia yang kemudian dikemas dalam kemasan botol yang lebih modern yang banyak dijual di apotik dan di tempat praktek dokter gigi. Tinggal anda yang memutuskan mana yang paling baik. Saran kami, sebaiknya gunakan yang banyak dianjurkan orang karena biasanya lebih terbukti dan kadang aman dari efek samping. Dan untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

Penanganan Awal Menghilangkan Sakit Gigi

Sebelum kita pergi mencari obat sakit gigi, saat pertama kali merasakan gejalanya dimana gigi sudah terasa ngilu di bagian akar atau gusinya maka di bawah ini ada beberapa hal yang harus langsung segera dilakukan, yang mana penulis sendiri sudah pernah mempraktekkan cara ini dan berhasil, dimana selama kurang lebih 15 tahun saya sama sekali tidak pernah mengalami yang namanya sakit gigi, padahal sampai sekarang gigi saya sudah ada 2 yang berlubang dan bahkan sudah terlihat ompong. Beberapa tindakan yang kami maksud adalah:
  • Sikat bagian yang sakit
Ini sebenarnya pengalaman pribadi, walau di Wikipedia juga disebutkan tips soal ini. Jadi, setiap kali saya merasa gigi saya sudah mulai ngilu, dalam artian sudah ada gejala sedikit cenut-cenut di bagian akarnya yang mana itu biasanya tanda kalau anda akan mengalami sakit gigi, maka yang dilakukan adalah dengan menyikat langsung bagian yang sakit menggunakan odol seperti biasa kalau kita sikat gigi setiap hari. Terkadang juga kalau sudah telat, yang mana rasa sakitnya sudah menjadi-jadi, cara ini tetep saya lakukan karena hasilnya yang saya rasakan bahkan jauh lebih enak dibanding pakai obat sakit gigi manapun.

Adapun tekniknya, sikat langsung di bagian yang sakit, jika bagian yang samping maka focus di bagian situ sambil juga sesekali di bagian atas dan samping sebelahnya. Akan lebih bagus kalau lakukan selama mungkin sampai busanya makin banyak. Di langkah pertama ini kamu pasti akan melihat kuman atau ulat langsung saat meludah karena memang cara ini dimaksudkan agar kuman penyebab rasa sakitnya bisa hilang, semoga Anda tidak perlu susah payah mencari obat sakit gigi kemana-mana.

Selanjutnya, setelah menyikat sekali kemudian kumur-kumur lalu sikat sekali lagi menggunakan pasta gigi. Pada tahap kedua ini, lakukan juga dalam waktu yang lama sebelum menemukan obat sakit gigi yang sesuai rencana Anda, yang mana bagian yang sakit disikat terus menerus hingga betul-betul bersih dan akhiri juga dengan kumur-kumur. Melakukan ini memang rasanya sakit sekali karena gigi yang sudah mulai sakit, apalagi kalau ada yang sudah sampai bengkak sedikit. Tapi bagi saya ini akan jauh lebih baik dibanding harus mengalami sakit gigi yang membuat kita tidak bisa tidur sepanjang malam.
  • Berkumur dengan Garam
Ini resep obat sakit gigi dari orang tua kita, termasuk Anda pasti juga pernah disarankan melakukan ini. Memang benar karena tips ini juga dishare di Wikihow berbahasa Inggris, yakni setelah kamu melakukan tips pertama di atas, maka baiknya lakukan ini, yakni dengan mencampur air putih dengan garam yang banyak lalu dikumur-kumur agak lama, kemudian bilas dengan berkumur dengan air minum biasa lagi agar rasa garamnya hilang.

Melakukan cara mengobati sakit gigi kedua ini akan menyempurnakan langkah pertama yang mana sisa kuman yang masih tertinggal akan hilang secara sempurna. Tapi sayang karena ada juga tips di Wikipedia yang menyarankan agar dibersihkan juga dengan menggunakan lidi pada sisa makanan yang menempel. Padahal, banyak dokter gigi yang menyarankan untuk menghindari menusuk-nusuk gigi / gusi dengan lidi atau benda tajam sejenis karena bisa membuat gusi bengkak dan bahkan akan lebih parah lagi penyakitnya.
  • Tempelkan Minyak Cengkeh
Setelah dua cara pengobatan sakit gigi awal di atas dan sebelum kamu berobat ke dokter atau menggunakan bahan alami lain, maka sangat disarankan menggunakan minyak cengkeh. Adapun cara penggunaannya adalah dengan cara menuang minyak secukupnya pada kapas lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Usahakan dijepit atau digigit agar tak lepas.Biarkan dalam waktu lama dan ganti bisa sudah terasa kurang efeknya.
  • Kompress untuk mengurangi rasa sakitnya
Disarankan juga untuk mengkompres bagian yang sakit menggunakan kain tipis yang telah diberi air dingin. Ini fungsinya untuk langkah awal mengurangi rasa sakit pada gigi. Tapi jangan sampai langsung memberikan es pada bagian yang sakit karena malah sebaliknya hasilnya, sebab gigi dalam keadaan seperti itu sensitive pada panas dan dingin yang berlebih, dan agar obat sakit gigi yang Anda rekomendasikan berfungsi secara maksimal.

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu dengan Bahan Alami & Kimia dan Cara Merawat atau Mencegahnya

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu Paling Ampuh dan Mujarab dengan Obat di Apotik

Beda keadaan maka beda juga obatnya. Jika hanya ngilu biasa maka mungkin itu karena gejala biasa saja, tapi bila sudah bengkak dan menimbulkan nanah di dalamnya maka sudah barang tentu obat sakit gigi di Apotik diperlukan untuk penanganan lanjutan.

1. Antibiotik

Jika dirasa infeksi pada gigi sudah sangat parah, misalnya terjadi pembengkakan yang mengakibatkan munculnya nanah atau pun bentuk pipi yang terlihat membesar karena kelenjar getah bening yang bengkak maka bisa menggunakan beberapa obat sakit gigi antibiotika ini (dengan rekomendasi dari dokter), seperti sulfonamide atau penicillin atau kapsul tetracycline. Untuk mendapatkan obat sakit gigi tersebut sebaiknya berobat ke dokter gigi atau bisa juga langsung tanyakan ke apoteker di Apotik terdekat karena biasanya mereka sudah tau jenis obat yang pas dengan hanya melihat bentuk sakitnya.

2. Non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs)

Jenis obat yang menggunakan bahan NSAIDs seperti Aspirin and Ibuprofen. Keduanya dikenal baik dan cepat menghilangkan rasa sakit pada toothaches (sakit gigi). Obat sakit gigi ini juga direkomendasikan oleh Wikihow dalam webnya. Selain itu, penggunaan Tylenol juga efektif dalam menghentikan rasa sakit.

3. Obat Sakit Gigi Berdasarkan merek

Ada banyak sekali dipasarang jenis obat sakit gigi, hanya saja hanya ada beberapa yang manjur dan ampuh mengobati. Beberapa yang bisa kami rekomendasikan adalah:
  • Super Green Plus SG
Secara brand, ini salah satu yang paling banyak direkomendasikan. Keunggulan dari obat sakit gigi ini adalah karena mampu menyembuhkan atau mengurangi rasa sakitnya hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit saja setelah pemakaian. Selain itu, karena bahannya terbuat dari berbagai bahan herbal alami, seperti nigella sativa atau habbatussaudah, Murraya Paniculata yang sering juga disebut dengan Kemuning, zat dari garam galian, dan berbagai mineral lain yang diyakini ampuh menyembuhkan gigi yang lagi sakit. Dengan bahan alami seperti ini tentunya aman dari efek samping setelah pemakaian. Dan setelah mendapat kesembuhan obat ini juga masih bisa digunakan karena baik untuk upaya pencegahan dari gigi berlubang dan infeksi gusi. Dan yang paling penting dari semua adalah karena produknya telah mendapatijin dari dinas kesehatan (DEP.KES.RI.NO.PIRT272.100914522) – Kebetulan kami Caraspot menjual obatnya : hanya 150ribu per botol (hubungi kontak di atas atau berkomentar di bawah)
  • Cataflam 50 Mg – Kalium Diklofenak
Cataflam termasuk dalam golongan obat NSAID (sudah dijelaskan di atas). Efeknya adalah untuk meringankan nyeri pembengkakan atau inflamasi, selain itu sebagai antipiretik dan nalgesik. Manfaat anti pembengkakan inilah yang menjadikan obat ini salah satu obat sakit gigi yang juga sering digunakan, apalagi yang sudah mengalami bengkak. Efek dari obat ini tergolong cepat sekali. Dan karena ini dosisnya juga harus pas.

Hanya saja jika anda berada dalam salah satu kondisi berikut maka Anda tidak disarankan menggunakannya karena dapat mengakibatkan efek samping, seperti pada penderita penekanan pada sumsum tulang belakang, orang yang pernah menggunakan bypass jantung, alergi pada bahan diclofenat, mempunya luka lambung atau maag (untuk yang tidak terlalu parah bisa asalkan setelah makan), sariawan, kelainan pada pendarahan, sedang dalam kondisi hamil yang sudah memasuki trisemester akhir, dan juga yang mengalami gangguan pada fungsi hati. Sedang anak di bawah umur 4 tahun juga tidak dianjurkan. Adapun harga obat sakit gigi yang kami tawarkan Rp. 15.000 per biji (Pemesanan minimal 1o biji). Silahkan pesan lewat kontak blog ini atau berkomentar.
  • Antalgin
Sebenarnya ini salah satu obat sakit gigi dengan merek paling lama, bahkan ketika saya masih kecil juga sering menggunakan Antalgin ini. Bentuknya tablet dan dikemas dalam strip atau kalau orang Sulawesi menyebunya per papan. Jika anda tertarik membeli dari saya hanya Rp. 50.000 untuk 2 strip. Adapun cara mengkomsumsinya dengan diminum langsung agar bisa bekerja dari dalam.
  • Menggunakan Obat Oles (topikal)
Obat sakit gigi juga ada yang berupa gel atau cairan yang dapat dioleskan langsung pada gigi yang sakit, lebih tepatnya pada bagian gigi yang berlubang. Obat ini mengandung benzokain yang berfungsi meredakan nyeri dengan cara mematikan saraf sementara (efek bius lokal atau mati rasa) sehingga dapat membantu meringankan rasa gigi ngilu dan nyenyut selama beberapa jam. Contoh merek dangangnya yaitu Dentasol yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter asalkan perhatikan aturan pakainya. Ini juga bisa digunakan untuk anak.

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu dengan Bahan Alami & Kimia dan Cara Merawat atau Mencegahnya

Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu Paling Ampuh dan Mujarab dengan Bahan Alami

Di bawah ini bebarapa tips menggunakan obat sakit gigi yang sakit dari sumber terpercaya yang umumnya sudah banyak dipraktekkan dan banyak pula disarankan oleh dokter ahli penggunaannya. Ada baiknya pilih satu atau dua jenis saja agar tidak menimbulkan over action yang dapat mengakibatkan radang yang dapat mengakibatkan pembengkakan besar, dan bahkan pada tahap yang mengkhawatirkan, jika penanganannya salah, bisa berakibat kebutaan atau pun stroke. Untuk itu, sangat disarankan, setelah melakukan tips awal di atas, sebelum mengikuti saran di bawah, agar segera menghubungi dokter gigi terdekat yang jauh lebih tau bagaimana cara pengobatannya. Dan berikut beberapa obat sakit gigi dari bahan herbal yang bisa anda gunakan:
  • Minyak dari Tempurung Kelapa yang Mujarab
Untuk obat sakit gigi alami selanjutnya silahkan ambil tempurung kelapa yang sudah tua, belah lalu bakar tanpa menggunakan plastic atau pun minyak agar tak terkontaminasi dengan bahan kimia. Selanjutnya, setelah tempurung menyala sempurna dan tampak sudah mengeluarkan minyak, matikan dengan cara dikipas atau ditiup, tapi jangan menggunakan air. Nah, selagi masih panas, minyak yang tampak keluar anda ambil menggunakan kapas.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan cukup menempelkan kapas pada bagian gigi yang sakit. Dan agar cara alami ini dapat bekerja dengan baik maka sebaiknya gunakan agak banyak, ya tentunya jangan hanyak membakar sedikit tempurung. Hasilnya, dalam beberapa menit saja anda akan merasakan khasiat dari obat sakit gigi dengan bahan herbal ini yang mana rasa sakitnya akan berkurang.
  • Bawang Putih + Cengkeh + Garam
Obat sakit gigi dengan bahan ini sangat banyak sekali yang menganjurkan, jadi Anda bisa yakin untuk mempraktekkannya karena sudah ada media besar yang lebih dulu mempublikasikannya.Selain itu, diblog-blog kesehatan juga sudah banyak yang merekomendasikan bahan alami yang tergolong herbal dan tradisional ini.
  1. Pertam-tama, siapkah uletan untuk menumbuk atau menghaluskan bahan yang disebut di atas, yakni bawang putih yang telah dikupas, cengkeh sebanyak satu suing, dan juga satu sendok makan garam dapur.
  2. Selanjutnya campur semua bahan dalam ulekan lalu hancurkan hingga halus betul yang mana hasil akhirnya nanti seperti pasta yang padat.
  3. Terakhir, tinggal tempelkan langsung pasta bawang putih tersebut pada bagian yang sakit, pastikan pas pada bagian tersebut agar obat sakit gigi ini bekerja dengan baik.Dan sebaiknya lakukan ini antara 3 sampai 4 kali dalam sehari. Ada juga yang menyarankan dimasukkan dalam kain kalau tidak kuat dengan rasanya, tapi cara ini sebenarnya mengurangi khasiat obatnya karena tidak bisa langsung bersentuhan dengan bagian yang sakit.
Adapun tips lain pada penggunaan bawang putih ini, yakni dengan menambahkan sedikit minyak zaitun bila pasta yang dihasilkan terlalu kering.
  • Cara Alami dengan Merica dan Garam
Kalau kamu melihat banyak blog berbahasa Indonesia yang sharing soal ini sebenarnya sumber aslinya dari situs luar negeri, di antaranya top10homeremedies.com yang pertama kali posting tips ini.

Dalam webnya dikatakan bahwa cara penggunaan campuran merica dan garam ini sangat dianjurkan bila gigi terasa sudah sangat sensitive dari penggunaan anti bakteri, analgesic, dan anti-inflammatory. Ada cara pembuatannya adalah dengan melakukan beberapa langkah ringan ini:
  1. Buat campuran yang seimbang antara merica bubuk dan juga garam halus. Akan lebih baik lagi kalau menggunakan merica yang banyak dijual dalam bentuk sachet lalu tuangkan semua dalam mangkuk kecil lalu masukkan lagi garam dalam jumlah yang sama.
  2. Selanjutnya beri air beberapa tetes saja untuk membentuknya seperti pasta yang kental.
  3. Terakhir tinggal beri langsung pada bagian gusi atau gigi yang mengalami rasa sakit. Diamkan hingga beberapa menit lalu bilas dengan berkumur. Anda bisa melakukan ini setiap hari hingga beberapa hari atau sampai obat sakit gigi ini menunjukkan khasiatnya yang manjur.
Baca juga: Doa Obat Sakit Gigi
 
Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ngilu dengan Bahan Alami & Kimia dan Cara Merawat atau Mencegahnya

Merawat agar Mencegah Sakit Gigi

Selain mengetahui secara menyeluruh tentang obat sakit gigi, saya rasa mencegah adalah hal yang lebih penting, seperti membiasakanlah untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosoknya tiap hari. Tapi ketahuilah bahwa menggosok gigi secara teratur belum tentu efektif sebagai cara merawat gigi jika tekniknya kurang tepat. Sudah menyikat gigi dua kali sehari, tapi masalah gigi dan gusi masih sering terjadi? Barangkali cara Anda menyikat gigi masih belum tepat. Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat menjadi panduan.
Jadikan bagian dari rutinitas Jadikan menggosok gigi sebagai bagian dari rutinitas wajib, setelah makan atau setidaknya pagi dan malam sebelum tidur.
  • Jangan terlalu sering
Menggosok gigi 2-3 kali sehari sebagai cara merawat gigi adalah jumlah yang ideal. Tetapi menggosok gigi lebih dari 3 kali sehari dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi.
  • Tidak terlalu kuat
Selain terlalu sering, menggosok gigi terlalu kencang juga berisiko merusak gigi dan gusi. Agar dapat mengontrol pergerakan sikat dengan lebih baik, pegang gagang sikat seperti Anda memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal.
  • Tidak buru-buru
Agar penyikatan gigi dapat dilakukan dengan lebih seksama, beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat tiap sisi deretan gigi: samping kanan, samping kiri, dan bagian depan.
  • Teknik yang baik
Pegang sikat Anda pada sudut 45 derajat dari gusi dan gerakkan sikat dari kanan ke kiri berulang kali di sepanjang gigi. Sikat permukaan gigi bagian luar dan dalam, serta geraham belakang.
  • Sikat juga lidah dan sisi dalam pipi
Selain pada permukaan gigi, bakteri juga terdapat pada lidah dan sisi dalam kanan kiri pipi. Sikat juga bagian ini dengan lembut secara teratur untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Beberapa merek menyediakan alat khusus untuk membersihkan lidah.
  • Berkumur
Berkumurlah dengan air bersih tiap setelah selesai menggosok tiap bagian. Mengakhirinya dengan obat kumur antiseptik akan makin menunjang kebersihan mulut dan kesegaran bau napas. Memilih serta menggunakan pasta gigi dan sikat gigi yang tepat juga menjadi kunci kesehatan gigi dan gusi. Gigi dan gusi yang tidak sehat bisa menjadi faktor pendukung terhadap berkembangnya masalah kesehatan lain, seperti diabetes dan sakit jantung. Semoga artikel yang mencakup obat sakit gigi diatas dapat bermanfaat bagi semua pembaca, itulah inti dari tujuan tulisan ini.

0 comments:

Post a Comment

# # # # # #